Liga 1 & Liga 2 jadi Jantung Pembentuk Skuat Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae yong membahas mengenai masa depan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Tanah Air yang belum jelas akan dibawa kemana. Shin Tae yong menyebutkan pentingnya akan peran yang dimiliki Liga 1 dan Liga 2 sebagai komponen utama pembentukan skuat Timnas Indonesia. Lewat kacamata juru taktik asal Korea Selatan itu, kompetisi merupakan jantung pembinaan yang tak bisa dibandingkan dengan training camp atau laga uji coba.

Sebagaimana yang diketahui, kompetisi sepak bola kasta pertama dan kedua Tanah Air itu resmi dihentikan PSSI sejak Maret 2020 akibat pandemi covid 19. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi sempat memutuskan untuk kembali menggelar kompetisi itu, tetapi tak diizinkan Polri. Kini hampir setahun kepastian jalannya kompetisi masih belum jelas.

Ketiadaan kompetisi itu membuat perkembangan para pemain terganggu, baik dari sisi fisik maupun psikis. Imbasnya, kondisi itu juga berdampak buruk terhadap performa timnas, baik di level senior maupun junior seperti U 19 dan U 22. Secara gamblang, pelatih yang terkenal disiplin itu berharap Liga 1 dan Liga 2 di Indonesia dapat kembali bergulir.

"Hal ini sangat penting karena saya bisa memantau para pemain dan melihat perkembangan mereka," terangnya, dikutip dari . "Kalau tidak ada kompetisi Liga 1 dan 2 bagaimana saya bisa memantau pelaksanaan program yang sudah saya siapkan?" ujar Shin Tae yong. "Kompetisi merupakan jantung pembinaan. Saya bisa saja mengambil pemain baru untuk skuad timnas U19, U23, maupun senior nantinya," tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Ia berharapa kedepannya PSSI dan PT LIB dapat segera bertindak cepat dalam mengatasi mendung tebal yang menyelimuti kompetisis epak bola di Indonesia. Bukannya tanpa alasan dirinya ingin segera Liga 1 dan Liga 2 kembali ebrgulir. Di sisi untuk pembentukan skuat timnas, juga dapat dipandang dari sisi pemain.

Dengan bergulirnya kompetisi resmi di Indonesia, para pemain bisa merasakan atmosfer pertandingan yang sesungguhnya. "Ini beda dengan kalau hanya training camp dan uji coba dengan timnas negara lain atau klub," tambahnya. Terkait rencana kelanjutan Liga 1 dan 2, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi dikabarkan bakal menggelar pertemuan dengan perwakilan klub.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, pertemuan tersebut diagendakan berlangsung secara virtual pada Jumat (15/1/2021). Harapannya, pertemuan ini bisa menghasilkan titik terang terkait kelanjutan kompetisi Liga 1 dan 2 yang sudah hampir satu tahun ditangguhkan akibat pandemi Covid 19. Shin Tae yong juga berharap terhadap berlangsungnya kembali kompetisi sepak bola nasional menunjukkan bahwa ajang itu amat penting dalam membantu pekerjaannya sebagai pelatih.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *