Arti Medis dan Mitos Kedutan Mata Kanan Atas dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda merasakan kedutan mata kanan atas? Ada yang bilang kalau hal itu merupakan pertanda baik, tapi beda lagi dengan hasil diagnosa dari medis. Nah, daripada dibuat bingung dengan kondisi tersebut maka ada baiknya Anda tahu informasi lengkap soal hal tersebut supaya tidak menjadi masalah jangka panjang.

 

Arti Medis Kedutan Pada Mata Kanan Atas

Jika dilihat dari kacamata medis, kedutan tersebut dikenal dengan nama myokymia. Artinya, kejang yang terjadi pada bagian otot di kelopak mata terjadi berulang dan tak bisa dikontrol oleh otak.

Biasanya, masalah tersebut bisa hilang dengan sendirinya tanpa harus melakukan penanganan medis tertentu.

Dari penelitian yang dipublikasikan melalui Journal of Neuro Ophthalmology, disebutkan bahwa penelitian terhadap 15 orang dengan masalah kelopak mata bergerak sendiri dengan rentang waktu sembilan tahun.

Ternyata tidak ada gejala lanjutan dari kondisi tersebut, namun satu orang memang mengalami spasme hemifasial ipsilateral. Disebut juga dengan bergeraknya bagian mata dan sebagian dari wajah.

 

Mitos Tentang Kedutan Mata Kanan Atas

Berbeda dengan identifikasi dari sisi kesehatan, kalau mendengar mitos di tengah masyarakat arti dari kondisi kedutan khususnya di bagian mata kanan bagian atas. Orang tersebut akan mendapatkan berkah dan keberuntungan dalam hidup, misalnya soal bisnis, asmara, dan lainnya.

Lain lagi jika gerakan tak terkontrol pada saraf di bagian mata terjadi pada mata kiri, bagian bawah, atau lainnya. Ada juga mitosnya, namun tentu tidak bisa dipercaya sepenuhnya bukan?

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kedutan?

Pada kondisi ringan, getaran pada kelopak organ penglihatan itu akan reda dalam beberapa hari saja. Tapi, kalau sudah terjadi selama berbulan-bulan akan dibutuhkan tindakan lanjutan agar saraf tidak bermasalah dan membuat organ lainnya terganggu. Berikut ini cara mengatasinya.

  • Hindari Faktor Pemicu dan Resiko

Tidak sulit untuk mengatasi masalah gerakan saraf di area penglihatan tersebut, karena pada dasarnya banyak orang mengalami. Namun tak ada salahnya untuk menghindari faktor yang dinilai sebagai pemicu juga beresiko membuat orang mengalaminya.

Mulai dari menghindari asupan kafein terlalu berlebihan, misalnya mengurangi minum kopi dan makan mengandung kafein. Selain itu, hindari juga merokok dan minum alkohol sebab banyak kandungan berbahaya yang berpotensi memicu masalah tersebut.

  • Suntikan Obat Tertentu

Pada kondisi yang sudah cukup parah, dimana kedutan terjadi sampai berbulan-bulan, maka suntikan akan dilakukan oleh dokter profesional. Salah satu bahannya adalah toksin botulinum atau disebut botoks, bisa langsung mengatasi dalam waktu singkat.

  • Operasi

Operasi perlu dilakukan, ketika kondisi sudah menyebar dan bukan saja mengganggu area mata saja. Namun, dibutuhkan observasi serta diagnosa tepat sebelum pilihan ini dilakukan.

Mengalami masalah kedutan mata kanan atas bukanlah hal serius, kalau terjadi hanya dalam durasi sebentar saja. Anda harus menghubungi dokter kalau getaran tak terkontrol itu sudah terjadi dalam waktu lama dan mengganggu.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *