5 Dampak Buruk Kekurangan Kalsium pada Anak

Tentu semua orang tua paham bahwa anak menjalani masa pertumbuhan yang begitu pesat. Untuk mendukung masa pertumbuhan tersebut maka dibutuhkan asupan nutrisi yang memadai. Salah satunya lewat susu formula Nutrilon yang kaya akan gizi. Beli Nutrilon di toko yang menjamin produk orisinal dan menawarkan harga paling bersahabat. 

Kekurangan Kalsium

Salah satu zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh anak adalah kalsium. Jika zat gizi ini tidak didapatkan secara optimal maka akan terjadi gangguan pertumbuhan pada anak. Berikut ini adalah beberapa dampak kekurangan kalsium yang perlu diwaspadai oleh para orang tua:

  • Pertumbuhan Tidak Optimal

Jika tubuh anak tidak mendapatkan asupan kalsium yang memadai maka pertumbuhannya tidak akan berjalan secara optimal. Pertumbuhan yang dimaksud di sini dilihat dari pertambahan ukuran fisiknya. Biasanya pertumbuhan tinggi anak jadi tidak optimal karena asupan kalsium yang tidak mencukupi. Anak yang kekurangan kalsium akan cenderung lebih pendek dari anak lain yang dapat cukup kalsium. 

  • Risiko Kelainan Tulang

Kekurangan kalsium juga bisa meningkatkan risiko kelainan tulang pada tubuh anak. Perlu diketahui bahwa kalsium ini adalah zat gizi yang sangat penting untuk memperkuat tulang anak. Jika terjadi kekurangan kalsium, maka anak bisa mengalami kelainan tulang atau rakitis. Rakitis juga dapat memicu rasa nyeri serta lemah otot. 

  • Risiko Osteoporosis

Kekurangan kalsium dapat meningkatkan risiko osteoporosis pada anak ketika tumbuh dewasa nanti. Saat asupan kalsium tidak memadai maka kepadatan tulang akan berkurang. Artinya, tulang jadi rentan patah dan mudah keropos. Dengan begitu risiko osteoporosis juga meningkat dan akan menurunkan kualitas hidup ketika tumbuh dewasa nanti. 

  • Risiko Penyakit Jantung

Tak hanya bagus untuk kesehatan tulang, kalsium juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung. Ketika tubuh anak kekurangan asupan kalsium maka risiko penyakit jantung juga akan meningkat. Penyakit ini tentu harus diwaspadai karena bisa berakibat fatal bahkan menyebabkan kematian. Tak harus menunggu dewasa, anak-anak pun diketahui punya peluang besar menderita penyakit ini. 

  • Gangguan Saraf

Kalsium juga berperan penting dalam memelihara kesehatan saraf. Anak bisa memiliki risiko tinggi gangguan atau penyakit saraf jika tubuhnya kekurangan asupan kalsium. Selain itu, kemampuan otak dan daya memori juga bisa menurun akibat asupan kalsium yang tidak memadai. Jadi jika ingin anak tumbuh cerdas dan sehat pastikan asupan kalsiumnya terpenuhi dengan baik. 

 

Itulah tadi dampak dari kekurangan kalsium pada tubuh anak. Pastikan Anda memberikan sumber kalsium yang tepat bagi anak, misalnya dari produk susu Nutrilon. Beli Nutrilon hanya di toko yang terpercaya dan menawarkan produk yang orisinal. Anda bisa menemukan produk ini di toko perlengkapan bayi offline maupun online. 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.